Sabtu, 11 Agustus 2012

LKS memperbaiki CD Player 1


LKS SMK: Memperbaiki CD Player


Tujuan                       : Siswa dapat menyiapkan alat dan bahan, membersihkan CD,
optical pickup, serta melumasi mekanik.
Materi pokok             : Memeriksa, membersihkan, mengganti keping CD, optical pickup,
mekanik, dan hard sled.
Alat dan bahan          : CD Player, Pelumas, Pinset, Obeng, Keping CD, dan kain lembut
Prosedur praktikum :

Berikan tanda ceklist setelah melakukan langkah kegiatan!
No
Langkah kegiatan
Ceklist
1
Menyiapkan alat dan bahan:
a.       CD Player
b.      Obeng
c.       Keping CD
d.      CD Cleaner
e.       Pelumas elektronik atau pelumas mesin jahit
f.       Pinset
g.      Kain lembut atau kain pembersih kacamata

.....
.....
.....
.....
.....
.....
.....
2
Membersihkan keping CD:
1.      Usap keping CD dengan kain lembut satu arah keluar, jangan melingkar atau bolak-balik.
2.      Jika noda membandel, boleh dengan sedikit tenaga.
3.      Jika masih sulit hilang, gunakan CD Cleaner, lalu usap dengan kain lembut sampai kering.


.....
.....

.....
3
Membersihkan lensa objektif, turning mirror:
a.       Buka optical pickup
b.      Bersihkan lensa objektif: tiup dengan lembut, gunakan alkohol untuk membersihkan, usap dengan kain lembut.
c.       Bersihkan turning mirror: prosedur sama dengan membersihkan lensa objektif.


.....

.....

.....

4
Memeriksa dan membersihkan mekanik:
a.       Buka mekanik
b.      Periksa sabuk karet (harus cukup ketat dan harus kembali ke panjang aslinya langsung jika dibentangkan kurang lebih sekitar 25% dari panjang aslinya)
c.       Jika tidak, ganti sabuk karet tersebut.
d.      Periksa gigi dan bantalan motor.
e.       Bersihkan dan lumasi dengan pelumas elektronik atau pelumas mesin jahit.

.....


.....
.....
.....

.....
5
Memeriksa, membersihkan, dan mengganti komponen hard sled:
a.       Memeriksa komponen yang bergerak seperti sabuk karet, gigi roda, dan bantalan slide.
b.      Bersihkan komponen tersebut. Gunakan tusuk gigi atau pinset untuk membersihkan sela gigi.
c.       Jika perlu perbaiki atau ganti dengan yang sesuai.


.....

.....
.....















Kunci LKS SMK: Memperbaiki CD Player


Tujuan                       : Siswa dapat menyiapkan alat dan bahan, membersihkan CD,
optical pickup, serta melumasi mekanik.
Materi pokok             : Memeriksa, membersihkan, mengganti keping CD, optical pickup,
mekanik, dan hard sled.
Alat dan bahan          : CD Player, Pelumas, Pinset, Obeng, Keping CD, dan kain lembut
Prosedur praktikum :

No
Langkah kegiatan
Ceklist
1
Menyiapkan alat dan bahan:
a.       CD Player
b.      Obeng
c.       Keping CD
d.      CD Cleaner
e.       Pelumas elektronik atau pelumas mesin jahit
f.       Pinset
g.      Kain lembut atau kain pembersih kacamata

2
Membersihkan keping CD:
a.       Usap keping CD dengan kain lembut satu arah keluar, jangan melingkar atau bolak-balik.
b.      Jika noda membandel, boleh dengan sedikit tenaga.
c.       Jika masih sulit hilang, gunakan CD Cleaner, lalu usap dengan kain lembut sampai kering.



3
Membersihkan lensa objektif, turning mirror:
a.       Buka optical pickup
b.      Bersihkan lensa objektif: tiup dengan lembut, gunakan alkohol untuk membersihkan, usap dengan kain lembut.
c.       Bersihkan turning mirror: prosedur sama dengan membersihkan lensa objektif.



4
Memeriksa dan membersihkan mekanik:
a.       Buka mekanik
b.      Periksa sabuk karet (harus cukup ketat dan harus kembali ke panjang aslinya langsung jika dibentangkan kurang lebih sekitar 25% dari panjang aslinya)
c.       Jika tidak, ganti sabuk karet tersebut.
d.      Periksa gigi dan bantalan motor.
e.       Bersihkan dan lumasi dengan pelumas elektronik atau pelumas mesin jahit.




5
Memeriksa, membersihkan, dan mengganti komponen hard sled:
a.       Memeriksa komponen yang bergerak seperti sabuk karet, gigi roda, dan bantalan slide.
b.      Bersihkan komponen tersebut. Gunakan tusuk gigi atau pinset untuk membersihkan sela gigi.
c.       Jika perlu perbaiki atau ganti dengan yang sesuai.




















Tabel Spesifikasi Lembar Penilaian
Indikator
LP dan
Butir Soal
Kunci LP dan
Butir Soal
Produk :
1.  Menjelaskan tentang petunjuk penempatan CD Player secara umum untuk tujuan preventive maintenance dan fungsi CD pembersih dan cara menggunakannya.
2.  Menjelaskan klasifikasi masalah pada CD player menyebutkan masalah-masalah yang umum terjadi pada CD player.
3.  Menjelaskan tentang cara mengatasi gejala gejala  umum, misalnya:  mati total, no disc dan open/close
4.  Menjelaskan tentang cara mengatasi masalah tracking.

LP 1 : Produk
Butir 1, 2, dan 3


LP 1 : Produk
Butir 4

LP 1 : Produk
Butir 5

LP 1: Produk
Butir 6

Kunci LP 1 : Produk
Butir 1, 2, dan 3


Kunci LP 1 : Produk
Butir 4

Kunci LP 1 : Produk
Butir 5

Kunci LP 1: Produk
Butir 6
Proses :
1.  Membersihkan CD menggunakan CD Cleaner.
2.  Membuka optical pickup dan mekanik serta menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membersihkan modul optik, mekanik.
3.  Membersihkan dan memeriksa bagian dalam dari modul optik (lensa objektif, turning mirror, dan lensa suspensi), dan melumasi bagian mekanik (mekanik dan hard sled).

LP 2 : Proses
RTK 2
LP 2 : Proses
RTK 1 dan 3



LP 2 : Proses
RTK 4 dan 5

Dipercayakan kepada judgement Penilai/Guru
Psikomotor:
1. Melakukan perbaikan untuk masalah mati total, no disc, dan open/close.
2. Melakukan perbaikan untuk masalah prosespencarian terlalu lama dan skipping.

LP 3 : Psikomotor
RTK 1
LP 3 :  Psikomotor
RTK 2
Dipercayakan kepada judgement Penilai/Guru
Karakter:
1.    Jujur, peduli, tanggungjawab, terbuka, mengerjakan tugas yang diberikan guru.

LP 4 Karakter:  RTK 1, 2, 3, 4, dan 5

Dipercayakan kepada judgement Penilai/Guru
Keterampilan sosial :
1.      Bertanya, berkomunikasi, menjadi pendengar yang baik, menyumbang ide, argumen atau pendapat

LP 5 Keterampilan Sosial: RTK 1, 2, 3, dan 4

Dipercayakan kepada judgement Penilai/Guru


















LP 1: Produk
Petunjuk:
Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan benar!
1.      Jelaskan tentang penempatan CD Player secara umum untuk tujuan preventive maintenance!
Jawab:
________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
2.      Apakah fungsi CD pembersih?
Jawab:
________________________________________________________________________________________________________________________________________________
3.      Jelaskan langkah-langkah membersihkan keping CD!
Jawab:
________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
4.      Sebutkan dan jelaskan klasifikasi masalah yang umum terjadi pada CD player.
Jawab:
________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
5.      Sebutkan minimal 5 komponen penyebab umum pada pelacakan pada CD Player!
Jawab:
________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
6.      Jelaskan tentang cara mengatasi masalah tracking!
________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________




























Kunci LP1: Produk
Petunjuk:
Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan benar!
1.      Jelaskan tentang penempatan CD Player secara umum untuk tujuan preventive maintenance!
Jawab:
a.       Cari lokasi yang sejuk untuk menempatkan CD player. Menjaga dingin akan mengurangi keausan pada komponen internal dan menjamin life time.
b.      Jangan tempatkan CD Player pada lokasi yang berdebu atau daerah beruap minyak tinggi.
c.       Pastikan semua koneksi audio dalam keadaan baik dan aman untuk meminimalkan noise suond.
d.      Menghindarkan keping CD dari panas, tampatkan kewadah pelindung ketika keping CD tidak sedang dimainkan.

2.      Apakah fungsi CD pembersih?
Jawab:
CD pembersih atau CD Cleaner berfungsi membersihkan keping CD dari debu atau kotoran menggunakan kain lembut atau tisu dengan cara digosok.

3.      Jelaskan langkah-langkah membersihkan keping CD!
Jawab:
a.     Usap keping CD dengan kain lembut satu arah keluar, jangan melingkar atau bolak-balik.
b.    Jika noda membandel, boleh dengan sedikit tenaga.
c.     Jika masih sulit hilang, gunakan CD Cleaner, lalu usap dengan kain lembut sampai kering.

4.      Sebutkan dan jelaskan klasifikasi masalah yang umum terjadi pada CD player.
Jawab:
a.       Kerusakan keras antara lain: mekanik pembukaan/penutupan CD bermasalah, disk tidak terdeteksi, tidak ada suara, mati total.
b.      Kerusakan lunak antara lain:  terjadi skipping, kebisingan pada audio secara kontinyu atau berulang, pencarian track bermasalah, CD bermain secara acak.

5.      Sebutkan minimal 5 komponen penyebab umum pada pelacakan pada CD Player!
Jawab:
a.       Optik kotor : lensa, prisma, atau pembalik cermin.
b.      Sabuk karet : usang, berminyak, lembek, atau melar.
c.       Mekanik lengket : kotoran, kering/kekurangan pelumas, pasir, dll
d.      Bagian yang terbuat dari plastik rusak : gigi gear, bracket, atau bantalan.
e.       Penyesuaian servo elektronik : fokus, pelacakan, atau PLL.
f.       Switch : aus atau kotor.
g.      Buruknya koneksi : solderan, konektor, atau retak pada kabel flex.
h.      Motor : korsleting atau spot mati atau pada mekanis (bantalan kering/aus).
i.        Laser : mati/lemah, daya pada laser dioda atau drive laser bermasalah.
j.        Photodiode array : bagian ruas buruk, lemah, atau korsleting.
k.      Komponen elektronik sensistive dan panas.
l.        Buruk atau hilangnya ground pada optical pickup

6.      Jelaskan tentang cara mengatasi masalah tracking!
Jawab:
a.       Pertama, gunakan CD yang berbeda untuk memastikan CD yang pertama tidak rusak. Atau, coba lokasi trek yang berbeda pada CD yang sama.
b.      Mungkin lensa kotor. Kalau kotor bersihkan.
c.       Adjust trek, dengan cara, play CD pada trek yang terdengar paling buruk lalu masukkan ke dalam modus repeat atau berulang, lalu gunakan cara apapun supaya CD dapat bekerja.
d.      Kemungkinan tombol macet, gunakan remote control untuk play CD. Jika CD bermain normal kemungkinan tombol macet atau kotor. Hal ini mungkin memerlukan pembongkaran dan pembersihan atau penggantian saklar push button yang rusak.
e.       Kemungkinan motor bingkai mekanik atau logika IC driver bermasalah



LP 2: Proses

Asessment ranah proses
Petunjuk!
Skor perolehan diisi dengan mengacu pada skor rubrik asessment proses.
No
Rincian Tugas Kinerja
Skor maksimum
Skor perolehan
1
Menyiapkan alat dan bahan
5


2
Membersihkan keping CD
10


3
Membersihkan lensa objektif, turning mirror
20


4
Memeriksa dan membersihkan mekanik
30


5
Memeriksa, membersihkan, dan mengganti komponen hard sled
35


Skor Total
100













Skor rubrik asessment proses
No
Rincian Tugas Kinerja
Deskriptor Skor
Kriteria
Skor
1
Menyiapkan alat dan bahan
Menyiapkan alat dan bahan < 50% yang dibutuhkan dengan benar.
1
Menyiapkan alat dan bahan < 70% yang dibutuhkan dengan benar.
3
Menyiapkan alat dan bahan < 100% yang dibutuhkan dengan benar.
4
Menyiapkan semua alat dan bahan yang dibutuhkan dengan benar.
5
2
Membersihkan keping CD
Tidak membersihkan keping CD
1
Mengusap keping CD dengan kain dengan benar.
5
Membersihkan menggunakan CD cleaner dengan benar.
5
Mengusap dengan kain, jika masih sulit hilang menggunakan CD cleaner dengan benar.
10
3
Membersihkan lensa objektif, turning mirror
Hanya dapat membuka optical pickup dengan benar.
5
Membersihkan lensa objektif dengan benar
10
Membersihkan turning mirror dengan benar
10
Membersihkan lensa objektif dan turning mirror.
20
4
Memeriksa dan membersihkan mekanik
Hanya dapat membuka mekanik dengan benar.
10
Memeriksa sabuk karet dan menggantinya jika perlu dengan benar.
20
Memeriksa sabuk karet dan bantalan motor serta menggantinya jika perlu dengan benar.
25
Memeriksa sabuk karet dan bantalan motor, menggantinya jika perlu dan melumasi mekanik dengan benar.
30
5
Memeriksa, membersihkan, dan mengganti komponen hard sled
Memeriksa dan membersihkan sabuk karet jika perlu dengan benar.
20
Memeriksa dan membersihkan sabuk karet dan gigi roda jika perlu dengan benar.
25
Memeriksa dan membersihkan sabuk karet, gigi roda serta bantalan slide jika perlu dengan benar.
30
Memeriksa, membersihkan, serta mengganti sabuk karet, gigi roda, serta bantalan slide jika perlu dengan benar.
35
















LP 3: Psikomotor

Langkah kegiatan:
1.      Melakukan perbaikan untuk masalah mati total, no disc, dan open/close.
2.      Melakukan perbaikan untuk masalah prosespencarian terlalu lama dan skipping.

Asessment ranah psikomotor
Petunjuk!
Skor perolehan diisi dengan mengacu pada skor rubrik asessment psikomotor

No
Rincian Tugas Kinerja
Skor maksimum
Skor perolehan
1
Melakukan perbaikan untuk masalah mati total, no disc, dan open/close.
60

2
Melakukan perbaikan untuk masalah proses pencarian terlalu lama dan skipping.
40

Skor Total
100











Skor rubrik asessment psikomotor
No
Rincian Tugas Kinerja
Deskriptor Skor
Kriteria
Skor
1
Melakukan perbaikan untuk masalah mati total, no disc, dan open/close.
Hanya dapat melakukan satu perbaikan yaitu  pada masalah mati total, no disc, atau open/close saja.
25
Hanya dapat melakukan dua perbaikan yaitu pada masalah mati total dan no disc, mati total dan open/close atau no disc dan open close saja.
40
Dapat melakukan perbaikan untuk masalah mati total, no disc, dan open/close
60
2
Melakukan perbaikan untuk masalah proses pencarian terlalu lama dan skipping.
Hanya dapat melakukan satu perbaikan yaitu perbaikan untuk masalah proses pencarian terlalu lama atau skipping saja
20
Dapat melakukan perbaikan untuk masalah proses pencarian terlalau lama dan skipping.
40











LP 4: Karakter
Petunjuk:
1.      Untuk setiap perilaku berkarakter berikut ini, beri penilaian dengan memberikan tanda ceklist pada kolom yang disediakan atas perilaku berkarakter siswa.
2.      Pengisisan kolom hasil pengamatan mengacu pada rubrik pengamatan perilaku berkarakter

No
Rincian Tugas Kinerja
Hasil pengamatan
A
B
C
D
1
Jujur




2
Peduli




3
Tanggung jawab




4
Terbuka dan mendengarkan pendapat teman




5
Mengerjakan tugas yang diberikan guru




           











Rubrik Pengamatan Perilaku Berkarakter

No
Rincian Tugas Kinerja
Rubrik
1
Jujur
A: sangat jujur
B: jujur
C: cukup jujur
D: kurang jujur
2
Peduli
A: sangat peduli
B: peduli
C: cukup peduli
D: kurang peduli
3
Tanggung jawab
A: sangat bertanggung jawab
B: bertanggung jawab
C: cukup bertanggung jawab
D: kurang bertanggung jawab
4
Terbuka dan mendengarkan pendapat teman
A: Sangat terbuka dan mendengarkan pendapat teman
B: Terbuka dan mendengarkan pendapat teman
C: Cukup terbuka dan mendengarkan pendapat teman
D: Kurang terbuka dan mendengarkan pendapat teman
5
Mengerjakan tugas yang diberikan guru
A: Selalu mengerjakan tugas yang diberikan guru dengan benar.
B: Selalu mengerjakan tugas yang diberikan guru.
C: Kurang mengerjakan tugas yang diberikan guru.
D: Tidak pernah mengerjakan tugas yang diberikan guru.


LP 5: Keterampilan Sosial
Petunjuk:
1.      Untuk setiap keterampilan sosial berikut ini, beri penilaian dengan memberikan tanda ceklist pada kolom yang disediakan atas keterampilan sosial siswa.
2.      Pengisisan kolom hasil pengamatan mengacu pada rubrik pengamatan keterampilan sosial

No
Rincian Tugas Kinerja
Hasil pengamatan
A
B
C
D
1
Bertanya




2
berkomunikasi




3
menjadi pendengar yang baik




4
menyumbang ide, argumen atau pendapat

















Rubrik Pengamatan Keterampilan Sosial

No
Rincian Tugas Kinerja yang diamati
Rubrik
1.
Bertanya
A: selalu bertanya
B: sering bertanya
C: jarang bertanya
D: tidak pernah bertanya
2.
Komunikasi
A: selalu berkomunikasi
B: sering komunikasi
C: jarang berkomunikasi
D: tidak pernah berkomunikasi
3.
Menjadi pendengar yang baik
A: sangat antusias mendengarkan
B: antusias mendengarkan
C: cukup antusias mendengarkan
D: kurang antusias mendengarkan
4.
Menyumbang ide, argumen atau pendapat
A: Sangat aktif dalam menyumbang ide, argumen atau pendapat.
B: Aktif dalam menyumbang ide, argumen atau pendapat.
C: Cukup dalam menyumbang ide, argumen atau pendapat.
D: Kurang dalam menyumbang ide, argumen atau pendapat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar