RPP
SMK: MEMPERBAIKI CD PLAYER
(RPP 1 Active
Debate)
Satuan
Pendidikan : SMK Negeri 2 Surabaya
Mata Pelajaran : Kompetensi Kejuruan
Kelas/Semester : Kelas
XI / Semester 2
Materi Pembelajaran : Memperbaiki
CD Player
Alokasi
Waktu : 8
x 45 menit
I. Standar Kompetensi :
Memperbaiki CD Player
II. Kompetensi Dasar :
Memperbaiki CD Player
III.
Indikator
a.
Kognitif:
1.
Produk:
a)
Menjelaskan tentang
petunjuk penempatan CD Player secara umum untuk tujuan preventive maintenance
dan fungsi CD pembersih dan cara menggunakannya.
b)
Menjelaskan klasifikasi
masalah pada CD player menyebutkan masalah-masalah yang umum terjadi pada CD
player.
c)
Menjelaskan tentang
cara mengatasi gejala gejala umum,
misalnya: mati total, no disc dan
open/close.
d)
Menjelaskan tentang
cara mengatasi masalah tracking, misalnya: proses pencarian terlalu lama dan
skipping.
2.
Proses:
a)
Mengidentifikasi optical module, mekanik, hard sled, perbaikan gejala umum, dan
tracking.
b.
Psikomotor:
1.
Membersihkan CD menggunakan
CD Cleaner
2.
Membersihkan dan
memeriksa bagian dalam dari modul optik (lensa objektif, turning mirror, dan
lensa suspensi), dan melumasi bagian mekanik (mekanik dan hard sled).
3.
Melakukan perbaikan
untuk masalah mati total, no disc, dan open/close.
4.
Melakukan perbaikan
untuk masalah prosespencarian terlalu lama dan skipping.
c.
Afektif
1.
Karakter: jujur,
peduli, tanggungjawab, terbuka dan mendengar pendapat teman, mengerjakan tugas
yang diberikan guru.
2.
Keterampilan
sosial: bertanya, berkomunikasi, menjadi pendengar yang baik, menyumbang ide,
argumen atau pendapat.
IV. Tujuan
Pembelajaran:
a.
Kognitif:
1.
Produk:
a)
Tanpa membuka bahan
ajar siswa dapat menjelaskan tentang
petunjuk penempatan CD Player secara umum untuk tujuan preventive maintenance
dan fungsi CD pembersih dengan mengerjakan soal LP 1: Produk sesuai dengan
kunci jawaban.
b)
Tanpa membuka bahan
ajar siswa dapat Menjelaskan klasifikasi
masalah pada CD player menyebutkan masalah-masalah yang umum terjadi pada CD
player
dengan mengerjakan soal LP 1: Produk sesuai dengan kunci
jawaban.
c)
Tanpa membuka bahan
ajar siswa dapat menjelaskan tentang
cara mengatasi gejala gejala umum, misalnya: mati total, no disc dan open/close
dengan mengerjakan soal LP 1: Produk sesuai dengan kunci jawaban.
d)
Tanpa membuka bahan
ajar siswa dapat menjelaskan tentang
cara mengatasi masalah tracking, misalnya: Proses pencarian terlalu lama dan
skipping dengan mengerjakan soal LP 1: Produk sesuai dengan kunci jawaban.
2.
Proses:
a)
Diberikan alat dan
LKS SMK Memperbaiki CD Player siswa dapat mengidentifikasi optical module, mekanik, hard
sled, perbaikan gejala umum, dan tracking sesuai dengan Kunci LKS SMK
Memperbaiki CD Player.
b.
Psikomotor:
1.
Diberikan alat,
bahan, dan LKS SMK memperbaiki CD Player siswa dapat membersihkan CD
menggunakan CD Cleaner sesuai dengan Kunci LKS SMK Memperbaiki CD Player.
2.
Diberikan alat,
bahan, dan LKS SMK memperbaiki CD Player siswa dapat membersihkan dan memeriksa
bagian dalam dari modul optik (lensa objektif, turning mirror, dan lensa
suspensi), dan melumasi bagian mekanik (mekanik dan hard sled) sesuai dengan Kunci LKS SMK Memperbaiki CD Player.
3.
Diberikan alat,
bahan, dan LKS SMK Memperbaiki CD Player siswa dapat melakukan perbaikan untuk
masalah mati total, no disc, dan open/close sesuai dengan rincian tugas kinerja
yang ditentukan.
4.
Diberikan alat,
bahan, dan LKS SMK Memperbaiki CD Player siswa dapat melakukan perbaikan untuk
masalah prosespencarian terlalu lama dan skipping sesuai dengan rincian tugas
kinerja yang ditentukan.
c.
Afektif:
1.
Karakter: terlibat dalam proses
belajar mengajar berpusat pada siswa, paling tidak siswa dinilai membuat kemajuan dalam menunjukkan karakter jujur, peduli, tanggungjawab, terbuka, mengerjakan tugas
yang diberikan guru
2.
Keterampilan sosial: terlibat dalam proses
belajar mengajar berpusat pada siswa, paling tidak siswa dinilai membuat kemajuan dalam menunjukkan keterampilan sosial bertanya, berkomunikasi, menjadi pendengar yang baik,
menyumbang ide, argumen atau pendapat.
V. Model dan Metode Pembelajaran
Model
Pembelajaran : Model Pembelajaran Aktif
Metode
Pembelajaran : Active Debate
VI. Alat Dan
Bahan:
CD Player, keping CD, CD Cleaner, kain lembut, Q-tip
(Pembersih telinga), obeng, alkohol, dll.
VII. Proses Belajar Mengajar
A. Pendahuluan
Kegiatan
|
Terlaksana/tidak
|
1. Meminta perwakilan siswa untuk memimpin
doa, dan mengisi daftar hadir siswa.
2. Memotivasi siswa dengan cara
membandingkan keping CD yang kotor dengan CD yang bersih lalu play dengan CD Player.
3. Mengkomunikasikan tujuan pembelajaran produk,
proses, psikomotor, dan keterampilan sosial dan karakter.
|
|
B.
Inti (± 300 menit)
Kegiatan
|
Terlaksana/tidak
|
Penggalan 1 (± 120 menit)
1. Menyajikan informasi kepada siswa tentang materi
pelajaran yang diajarkan yaitu:
a. Menjelaskan tentang petunjuk
penempatan CD Player secara umum untuk tujuan prenventive maintenance.
b. Fungsi CD pembersih dan cara
menggunakannya.
c. Cara mengatasi gejala
gejala umum.
d. Cara mengatasi masalah
tracking.
e. Membersihkan modul optik dan
melumasi mekanik.
Dengan membagikan
modul memperbaiki CD Player.
(± 10 menit)
2. Guru mengembangkan sebuah
pernyataan yang terkait dengan persoalan kontroversial yang berhubungan
dengan topik pembelajaran. Antara lain:
a. Pada saat play keping CD yang
masih dalam keadaan bagus, maka proses play akan lancar, dengan keadaan CD
Player juga dalam keadaan bagus, tetapi sebaliknya jika play keping CD yang
dalam keadaan buruk/kotor, maka proses play akan tersendat walaupun CD Player
dalam keadaan bagus. Menjelaskan mengapa proses tersebut dapat terjadi.
b. Masalah pada CD Player seperti
tidak lancarnya saat play atau tersendat. Komponen yang dicurigai antara lain
keping CD, lensa objektif, mekanik, dll. Menjelaskan pernyataan tersebut
mengapa komponen-kompenen tersebut yang dicurigai dari penyebab masalah.
c. Masalah seperti mati total, no
disc, dan open/close merupakan masalah umum yang terjadi pada CD Player. Menjelaskan
bagaimana cara menangani masalah-masalah tersebut.
d. Masalah seperti meloncatnya
dari treck satu ke treck yang lain yang tidak diinginkan, atau biasa disebut
skipping. Menjelaskan mengapa masalah tersebut bisa terjadi.
(± 20 menit)
4.
Mengorganisasikan siswa kedalam
kelompok-kelompok, satu kelas dibagi menjadi 2 kelompok besar yaitu kelompok
pro dan kontra dengan mengurutkan nomor absen siswa. Lalu dibentuk lagi 2-3 sub
kelompok dan menunjuk juru bicara pada masing-masing sub kelompok baik dalam
kelompok pro maupun kelompok kontra dan menjelaskan cara diskusi. Format duduk siswa seperti gambar berikut:
5. Memberikan waktu para kelompok
untuk debate dengan mengacu pada
butir-butir pernyataan yang dijelaskan oleh guru tadi. Setiap sub kelompok diwajibkan minimal mengemukakan
satu argumen dan satu pertanyaan untuk didebatkan. Dan setiap sub kelompok
juga diwajibkan mencatat minimal satu argumen da pertanyaan yang digunakan
untuk debate. (± 40 menit)
6. Mengorganisasikan siswa (juru bicara) untuk kembali ke tempat duduk kelompoknya masing-masing. Refleksi
dengan mengidentifikasi argumen-argumen yang dianggap tepat/baik untuk
masing-masing sub kelompok. Guru memberikan respon/tanggapan. (± 30 menit)
Penggalan 2 (± 180 menit)
1.
Membagikan LKS SMK: Memperbaiki CD Player pada tiap kelompok, lalu
diberikan waktu untuk tiap kelompok mengerjakan tugas kinerja atau praktikum
yang telah ditentukan ditentukan di LKS. (±
5 menit)
2.
Senantiasa mengamati saat praktikum tiap kelompok dan menjadi fasilitator
saat siswa kesulitan saat praktikum. Jika sudah LKS dikumpulkan kembali, lalu
membereskan semua alat dan bahan yang digunakan praktikum. (± 160 menit)
3.
Membahas tentang praktikum yang telah dilaksanakan dan memberikan
penghargaan dengan memberikan applause
kepada kelompok yang dianggap kelompok terbaik. (± 15 menit)
|
|
C.
Penutup (± 30 menit)
Kegiatan
|
Terlaksana/tidak
|
1. Menjelaskan kesimpulan tentang
materi yang dibahas.
(± 14 menit)
2. Memberikan gambaran materi
untuk pertemuan selanjutnya dan menginstruksikan siswa untuk mempelajarinya
terlebih dahulu. (± 14 menit)
3. Dengan melibatkan siswa menutup pelajaran dan meminta perwakilan seorang
siswa untuk memimpin doa. (± 2 menit)
|
|
IX. Sumber Pembelajaran
1.
LKS SMK: Menggambar Teknik Elektronika
2.
Kunci LKS SMK: Menggambar Teknik Elektronika
3.
LP 1: Produk
4.
Kunci LP 1 Produk
5.
LP 2: Proses
6.
LP 3: Psikomotor
7.
LP 4: Pengamatan
Perilaku Berkarakter
8.
LP 5: Pengamatan Keterampilan
Sosial
9.
Tabel Spesifikasi
Lembar Penilaian
10. Silabus
Daftar Pustaka
Firdian, Agus A., dan Eka
Yudianto. 2009. LKS FIS 02 Penyearah
Setengah Gelombang. Surabaya : Pusat Sains dan Matematika Sekolah
Universitas Negeri Surabaya.
Nur, Muhamad. Tanpa Tahun. Rincian Tugas Kinerja Ketrampilan Proses Sains Draf 2 Surabaya :
Pusat Sains dan Matematika Sekolah Universitas Negeri Surabaya.
di ambil nih sob buat tugas saya
BalasHapustos aq njauk file doc. eh yow ,,,
BalasHapustak ijoli kuliner ngkok ,,,