Jumat, 10 Agustus 2012

RPP memperbaiki CD Player dengan metode pembelajaran Active Debate


RPP SMK: MEMPERBAIKI CD PLAYER
(RPP 1 Active Debate)
Satuan Pendidikan                SMK Negeri 2 Surabaya
Mata Pelajaran                      Kompetensi Kejuruan
Kelas/Semester                      :  Kelas XI / Semester 2
Materi Pembelajaran            :  Memperbaiki CD Player
Alokasi Waktu                       :  8 x 45 menit 
 

I.    Standar Kompetensi         :   Memperbaiki CD Player
II.   Kompetensi Dasar            :   Memperbaiki CD Player
III. Indikator 
a.         Kognitif:
1.    Produk:
a)      Menjelaskan tentang petunjuk penempatan CD Player secara umum untuk tujuan preventive maintenance dan fungsi CD pembersih dan cara menggunakannya.
b)      Menjelaskan klasifikasi masalah pada CD player menyebutkan masalah-masalah yang umum terjadi pada CD player.
c)      Menjelaskan tentang cara mengatasi gejala gejala  umum, misalnya:  mati total, no disc dan open/close.
d)     Menjelaskan tentang cara mengatasi masalah tracking, misalnya: proses pencarian terlalu lama dan skipping.
2.    Proses:
a)      Mengidentifikasi optical module, mekanik, hard sled, perbaikan gejala umum, dan tracking.
b.        Psikomotor:
1.      Membersihkan CD menggunakan CD Cleaner
2.      Membersihkan dan memeriksa bagian dalam dari modul optik (lensa objektif, turning mirror, dan lensa suspensi), dan melumasi bagian mekanik (mekanik dan hard sled).
3.      Melakukan perbaikan untuk masalah mati total, no disc, dan open/close.
4.      Melakukan perbaikan untuk masalah prosespencarian terlalu lama dan skipping.

c.         Afektif
1.      Karakter: jujur, peduli, tanggungjawab, terbuka dan mendengar pendapat teman, mengerjakan tugas yang diberikan guru.
2.      Keterampilan sosial: bertanya, berkomunikasi, menjadi pendengar yang baik, menyumbang ide, argumen atau pendapat.
IV. Tujuan Pembelajaran: 
a.         Kognitif:
1.    Produk:
a)      Tanpa membuka bahan ajar siswa dapat menjelaskan tentang petunjuk penempatan CD Player secara umum untuk tujuan preventive maintenance dan fungsi CD pembersih dengan mengerjakan soal LP 1: Produk sesuai dengan kunci jawaban.
b)      Tanpa membuka bahan ajar siswa dapat Menjelaskan klasifikasi masalah pada CD player menyebutkan masalah-masalah yang umum terjadi pada CD player dengan mengerjakan soal LP 1: Produk sesuai dengan kunci jawaban.
c)      Tanpa membuka bahan ajar siswa dapat menjelaskan tentang cara mengatasi gejala gejala umum, misalnya: mati total, no disc dan open/close dengan mengerjakan soal LP 1: Produk sesuai dengan kunci jawaban.
d)     Tanpa membuka bahan ajar siswa dapat menjelaskan tentang cara mengatasi masalah tracking, misalnya: Proses pencarian terlalu lama dan skipping dengan mengerjakan soal LP 1: Produk sesuai dengan kunci jawaban.
2.    Proses:
a)      Diberikan alat dan LKS SMK Memperbaiki CD Player siswa dapat mengidentifikasi optical module, mekanik, hard sled, perbaikan gejala umum, dan tracking sesuai dengan Kunci LKS SMK Memperbaiki CD Player.
b.        Psikomotor:
1.    Diberikan alat, bahan, dan LKS SMK memperbaiki CD Player siswa dapat membersihkan CD menggunakan CD Cleaner sesuai dengan Kunci LKS SMK Memperbaiki CD Player.
2.    Diberikan alat, bahan, dan LKS SMK memperbaiki CD Player siswa dapat membersihkan dan memeriksa bagian dalam dari modul optik (lensa objektif, turning mirror, dan lensa suspensi), dan melumasi bagian mekanik (mekanik dan hard sled) sesuai dengan Kunci LKS SMK Memperbaiki CD Player.
3.    Diberikan alat, bahan, dan LKS SMK Memperbaiki CD Player siswa dapat melakukan perbaikan untuk masalah mati total, no disc, dan open/close sesuai dengan rincian tugas kinerja yang ditentukan.
4.    Diberikan alat, bahan, dan LKS SMK Memperbaiki CD Player siswa dapat melakukan perbaikan untuk masalah prosespencarian terlalu lama dan skipping sesuai dengan rincian tugas kinerja yang ditentukan.
c.         Afektif:
1.    Karakter: terlibat dalam proses belajar mengajar berpusat pada siswa, paling tidak siswa dinilai membuat kemajuan dalam menunjukkan karakter jujur, peduli, tanggungjawab, terbuka, mengerjakan tugas yang diberikan guru
2.    Keterampilan sosial: terlibat dalam proses belajar mengajar berpusat pada siswa, paling tidak siswa dinilai membuat kemajuan dalam menunjukkan keterampilan sosial bertanya, berkomunikasi, menjadi pendengar yang baik, menyumbang ide, argumen atau pendapat.
V.  Model dan Metode Pembelajaran
      Model Pembelajaran     : Model Pembelajaran Aktif
      Metode Pembelajaran   : Active Debate
VI. Alat Dan Bahan: 
CD Player, keping CD, CD Cleaner, kain lembut, Q-tip (Pembersih telinga), obeng, alkohol, dll.
VII. Proses Belajar Mengajar
A.    Pendahuluan
Kegiatan
Terlaksana/tidak
1.    Meminta perwakilan siswa untuk memimpin doa, dan mengisi daftar hadir siswa.
2.    Memotivasi siswa dengan cara membandingkan keping CD yang kotor dengan CD yang bersih lalu play dengan CD Player.
3.    Mengkomunikasikan tujuan pembelajaran produk, proses, psikomotor, dan keterampilan sosial dan karakter.



B.     Inti (± 300 menit)
Kegiatan
Terlaksana/tidak
Penggalan 1  (± 120 menit)
1.      Menyajikan informasi kepada siswa tentang materi pelajaran yang diajarkan yaitu:
a.       Menjelaskan tentang petunjuk penempatan CD Player secara umum untuk tujuan prenventive maintenance.
b.      Fungsi CD pembersih dan cara menggunakannya.
c.       Cara mengatasi gejala gejala  umum.
d.      Cara mengatasi masalah tracking.
e.       Membersihkan modul optik dan melumasi mekanik.
Dengan membagikan modul memperbaiki CD Player.
(± 10 menit)
2.      Guru mengembangkan sebuah pernyataan yang terkait dengan persoalan kontroversial yang berhubungan dengan topik pembelajaran. Antara lain:
a.       Pada saat play keping CD yang masih dalam keadaan bagus, maka proses play akan lancar, dengan keadaan CD Player juga dalam keadaan bagus, tetapi sebaliknya jika play keping CD yang dalam keadaan buruk/kotor, maka proses play akan tersendat walaupun CD Player dalam keadaan bagus. Menjelaskan mengapa proses tersebut dapat terjadi.
b.      Masalah pada CD Player seperti tidak lancarnya saat play atau tersendat. Komponen yang dicurigai antara lain keping CD, lensa objektif, mekanik, dll. Menjelaskan pernyataan tersebut mengapa komponen-kompenen tersebut yang dicurigai dari penyebab masalah.
c.       Masalah seperti mati total, no disc, dan open/close merupakan masalah umum yang terjadi pada CD Player. Menjelaskan bagaimana cara menangani masalah-masalah tersebut.
d.      Masalah seperti meloncatnya dari treck satu ke treck yang lain yang tidak diinginkan, atau biasa disebut skipping. Menjelaskan mengapa masalah tersebut bisa terjadi.
(± 20 menit)
4.         Mengorganisasikan siswa kedalam kelompok-kelompok, satu kelas dibagi menjadi 2 kelompok besar yaitu kelompok pro dan kontra dengan mengurutkan nomor absen siswa. Lalu dibentuk lagi 2-3 sub kelompok dan menunjuk juru bicara pada masing-masing sub kelompok baik dalam kelompok pro maupun kelompok kontra dan menjelaskan cara diskusi. Format duduk siswa seperti gambar berikut:
 (± 20 menit)
5.      Memberikan waktu para kelompok untuk debate dengan mengacu pada butir-butir pernyataan yang dijelaskan oleh guru tadi.  Setiap sub kelompok diwajibkan minimal mengemukakan satu argumen dan satu pertanyaan untuk didebatkan. Dan setiap sub kelompok juga diwajibkan mencatat minimal satu argumen da pertanyaan yang digunakan untuk debate. (± 40 menit)
6.      Mengorganisasikan siswa (juru bicara) untuk kembali ke tempat duduk kelompoknya masing-masing. Refleksi dengan mengidentifikasi argumen-argumen yang dianggap tepat/baik untuk masing-masing sub kelompok. Guru memberikan respon/tanggapan. (± 30 menit)
Penggalan 2 (± 180 menit)
1.         Membagikan LKS SMK: Memperbaiki CD Player pada tiap kelompok, lalu diberikan waktu untuk tiap kelompok mengerjakan tugas kinerja atau praktikum yang telah ditentukan ditentukan di LKS. (± 5 menit)
2.         Senantiasa mengamati saat praktikum tiap kelompok dan menjadi fasilitator saat siswa kesulitan saat praktikum. Jika sudah LKS dikumpulkan kembali, lalu membereskan semua alat dan bahan yang digunakan praktikum. (± 160 menit)
3.         Membahas tentang praktikum yang telah dilaksanakan dan memberikan penghargaan dengan memberikan applause kepada kelompok yang dianggap kelompok terbaik. (± 15 menit)

C.    Penutup (± 30 menit)
Kegiatan
Terlaksana/tidak
1.    Menjelaskan kesimpulan tentang materi yang dibahas.
(± 14 menit)
2.    Memberikan gambaran materi untuk pertemuan selanjutnya dan menginstruksikan siswa untuk mempelajarinya terlebih dahulu. (± 14 menit)
3.    Dengan melibatkan siswa menutup pelajaran dan meminta perwakilan seorang siswa untuk memimpin doa. (± 2 menit)


IX.   Sumber Pembelajaran
1.      LKS SMK: Menggambar Teknik Elektronika
2.      Kunci  LKS SMK: Menggambar Teknik Elektronika
3.      LP 1: Produk
4.      Kunci LP 1 Produk
5.      LP 2: Proses
6.      LP 3: Psikomotor
7.      LP 4: Pengamatan Perilaku Berkarakter
8.      LP 5: Pengamatan Keterampilan Sosial
9.      Tabel Spesifikasi Lembar Penilaian
10.  Silabus

Daftar Pustaka
Firdian, Agus A., dan Eka Yudianto. 2009. LKS FIS 02 Penyearah Setengah Gelombang. Surabaya : Pusat Sains dan Matematika Sekolah Universitas Negeri Surabaya.

Nur, Muhamad. Tanpa Tahun. Rincian Tugas Kinerja Ketrampilan Proses Sains Draf 2 Surabaya : Pusat Sains dan Matematika Sekolah Universitas Negeri Surabaya.


2 komentar:

  1. di ambil nih sob buat tugas saya

    BalasHapus
  2. tos aq njauk file doc. eh yow ,,,

    tak ijoli kuliner ngkok ,,,

    BalasHapus