RPP
SMK: MEMPERBAIKI CD PLAYER
(RPP 2 Active
Debate)
Satuan
Pendidikan : SMK Negeri 2 Surabaya
Mata Pelajaran : Kompetensi Kejuruan
Kelas/Semester : Kelas
XI / Semester 2
Materi Pembelajaran : Memperbaiki
CD Player
Alokasi
Waktu : 8
x 45 menit
I. Standar Kompetensi :
Memperbaiki CD Player
II. Kompetensi Dasar :
Memperbaiki CD Player
III.
Indikator
a.
Kognitif:
1.
Produk:
a)
Menjelaskan
masalah-masalah pada motor dan spindle.
b)
Menjelaskan sistem
servo dan teknik adjustment.
c)
Menjelaskan masalah
pada rangkaian digital dan analog.
2.
Proses:
a)
Mengidentifikasi
sambungan-sambungan pada optical module
b.
Psikomotor:
1.
Memeriksa motor dan
spindle motor.
2.
Melakukan
adjustment daya dari laser diode.
c.
Afektif:
1.
Karakter: jujur, peduli,
tanggungjawab, terbuka dan mendengar pendapat teman, mengerjakan tugas yang
diberikan guru.
2.
Keterampilan
sosial: bertanya, berkomunikasi, menjadi pendengar yang baik, menyumbang ide,
argumen atau pendapat.
IV. Tujuan
Pembelajaran:
a.
Kognitif:
1.
Produk:
a)
Tanpa membuka bahan
ajar siswa dapat menjelaskan
masalah-masalah pada motor dan spindle dengan mengerjakan soal LP 1: Produk
sesuai dengan kunci jawaban.
b)
Tanpa membuka bahan
ajar siswa dapat menjelaskan sistem
servo dan teknik adjustment dengan mengerjakan soal LP 1: Produk sesuai dengan kunci jawaban.
c)
Tanpa membuka bahan
ajar siswa dapat menjelaskan masalah
pada rangkaian digital dan analog dengan mengerjakan soal LP 1: Produk sesuai
dengan kunci jawaban.
2.
Proses:
a)
Diberikan alat,
bahan, dan LKS SMK Memperbaiki CD Player siswa dapat mengidentifikasi sambungan
sambungan pada optical module sesuai dengan Kunci LKS SMK Memperbaiki CD
Player.
b.
Psikomotor:
1.
Diberikan alat,
bahan dan LKS SMK Memperbaiki CD Player siswa dapat memeriksa motor dan spindle
motor sesuai dengan rincian tugas kinerja yang ditentukan.
2.
Diberikan alat dan
bahan siswa dapat melakukan adjustment daya dari laser diode sesuai dengan
rincian tugas kinerja yang ditentukan.
c.
Afektif:
1.
Karakter: terlibat dalam proses
belajar mengajar berpusat pada siswa, paling tidak siswa dinilai membuat kemajuan dalam menunjukkan karakter jujur, peduli, tanggungjawab, terbuka, mengerjakan tugas
yang diberikan guru
2.
Keterampilan sosial: terlibat dalam proses
belajar mengajar berpusat pada siswa, paling tidak siswa dinilai membuat kemajuan dalam menunjukkan keterampilan sosial bertanya, berkomunikasi, menjadi pendengar yang baik,
menyumbang ide, argumen atau pendapat.
V. Model dan Metode Pembelajaran
Model
Pembelajaran : Model Pembelajaran Aktif
Metode
Pembelajaran : Active Debate
VI. Alat Dan
Bahan:
CD Player, Pelumas, Pinset, Obeng, multimeter, osiloskop
dan kain lembut.
VII. Proses Belajar Mengajar
A. Pendahuluan
Kegiatan
|
Terlaksana/tidak
|
1. Meminta perwakilan siswa untuk memimpin
doa, dan mengisi daftar hadir siswa.
2. Memotivasi siswa dengan cara
membandingkan keping CD yang kotor dengan CD yang bersih lalu play dengan CD
Player.
3. Mengkomunikasikan tujuan pembelajaran produk,
proses, psikomotor, dan keterampilan sosial dan karakter.
|
|
B.
Inti (± 300 menit)
Kegiatan
|
Terlaksana/tidak
|
Penggalan 1 (± 120 menit)
1. Menyajikan informasi kepada siswa tentang materi
pelajaran yang diajarkan yaitu:
a. Masalah pada motor dan spindle.
b. Sistem servo dan adjustment.
c. Masalah pada rangkaian digital
dan analog.
d. Mengidentifikasi
sambungan-sambungan pada optical module.
Dengan membagikan
modul memperbaiki CD Player.
(± 10 menit)
2. Guru mengembangkan sebuah
pernyataan yang terkait dengan persoalan kontroversial yang berhubungan
dengan topik pembelajaran. Antara lain:
a. Menjelaskan pelumasan pada
motor bearing.
b. Tidak fokusnya dalam tracking
atau noise, memungkinkan disebabkan oleh masalah pada motor. Menjelaskan
pernyataan tersebut.
c. Masalah skipping biasanya
diperlukan adjustment. Melaskan adjustment yang bagaimana yang dibutuhkan
untuk masalah skipping.
d. Dalam adjustment daya laser
dioda, kemungkinan akan merusak laser dioda sangat tinggi. Menjelaskan
pernyataan tersebut.
(± 20 menit)
4.
Mengorganisasikan siswa kedalam
kelompok-kelompok, satu kelas dibagi menjadi 2 kelompok besar yaitu kelompok
pro dan kontra dengan mengurutkan nomor absen siswa. Lalu dibentuk lagi 2-3 sub
kelompok dan menunjuk juru bicara pada masing-masing sub kelompok baik dalam
kelompok pro maupun kelompok kontra dan menjelaskan cara diskusi. Format duduk siswa seperti gambar berikut:
5. Memberikan waktu para kelompok
untuk debate dengan mengacu pada
butir-butir pernyataan yang dijelaskan oleh guru tadi. Setiap sub kelompok diwajibkan minimal mengemukakan
satu argumen dan satu pertanyaan untuk didebatkan. Dan setiap sub kelompok
juga diwajibkan mencatat minimal satu argumen da pertanyaan yang digunakan
untuk debate. (± 40 menit)
6. Mengorganisasikan siswa (juru bicara) untuk kembali ke tempat duduk kelompoknya masing-masing. Refleksi
dengan mengidentifikasi argumen-argumen yang dianggap tepat/baik untuk
masing-masing sub kelompok. Guru memberikan respon/tanggapan. (± 30 menit)
Penggalan 2 (± 180 menit)
1.
Membagikan LKS SMK: Memperbaiki CD Player pada tiap kelompok, lalu
diberikan waktu untuk tiap kelompok mengerjakan tugas kinerja atau praktikum
yang telah ditentukan ditentukan di LKS. (±
5 menit)
2.
Senantiasa mengamati saat praktikum tiap kelompok dan menjadi fasilitator
saat siswa kesulitan saat praktikum. Jika sudah LSK dikumpulkan kembali, lalu
membereskan semua alat dan bahan yang digunakan praktikum. (± 160 menit)
3.
Membahas tentang praktikum yang telah dilaksanakan dan memberikan
penghargaan dengan memberikan applause
kepada kelompok yang dianggap kelompok terbaik. (± 15 menit)
|
|
C.
Penutup (± 30 menit)
Kegiatan
|
Terlaksana/tidak
|
1. Menjelaskan kesimpulan tentang
materi yang dibahas.
(± 14 menit)
2. Memberikan gambaran materi
untuk pertemuan selanjutnya dan menginstruksikan siswa untuk mempelajarinya
terlebih dahulu. (± 14 menit)
3. Dengan melibatkan siswa menutup pelajaran dan meminta perwakilan seorang
siswa untuk memimpin doa. (± 2 menit)
|
|
IX. Sumber Pembelajaran
1.
LKS SMK: Menggambar Teknik Elektronika
2.
Kunci LKS SMK: Menggambar Teknik Elektronika
3.
LP 1: Produk
4.
Kunci LP 1 Produk
5.
LP 2: Proses
6.
LP 3: Psikomotor
7.
LP 4: Pengamatan
Perilaku Berkarakter
8.
LP 5: Pengamatan
Keterampilan Sosial
9.
Tabel Spesifikasi
Lembar Penilaian
10. Silabus
Daftar Pustaka
Firdian, Agus A., dan Eka
Yudianto. 2009. LKS FIS 02 Penyearah
Setengah Gelombang. Surabaya : Pusat Sains dan Matematika Sekolah
Universitas Negeri Surabaya.
Nur, Muhamad. Tanpa Tahun. Rincian Tugas Kinerja Ketrampilan Proses Sains Draf 2 Surabaya :
Pusat Sains dan Matematika Sekolah Universitas Negeri Surabaya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar