Sabtu, 11 Agustus 2012

RPP memperbaiki CD Player dengan metode active debate 2


RPP SMK: MEMPERBAIKI CD PLAYER
(RPP 2 Active Debate)
Satuan Pendidikan                SMK Negeri 2 Surabaya
Mata Pelajaran                      Kompetensi Kejuruan
Kelas/Semester                      :  Kelas XI / Semester 2
Materi Pembelajaran            :  Memperbaiki CD Player
Alokasi Waktu                       :  8 x 45 menit 
 

I.    Standar Kompetensi         :   Memperbaiki CD Player
II.   Kompetensi Dasar            :   Memperbaiki CD Player
III. Indikator 
a.         Kognitif:
1.    Produk:
a)      Menjelaskan masalah-masalah pada motor dan spindle.
b)      Menjelaskan sistem servo dan teknik adjustment.
c)      Menjelaskan masalah pada rangkaian digital dan analog.
2.    Proses:
a)      Mengidentifikasi sambungan-sambungan pada optical module
b.        Psikomotor:
1.      Memeriksa motor dan spindle motor.
2.      Melakukan adjustment daya dari laser diode.
c.         Afektif:
1.      Karakter: jujur, peduli, tanggungjawab, terbuka dan mendengar pendapat teman, mengerjakan tugas yang diberikan guru.
2.      Keterampilan sosial: bertanya, berkomunikasi, menjadi pendengar yang baik, menyumbang ide, argumen atau pendapat.
IV. Tujuan Pembelajaran: 
a.         Kognitif:
1.    Produk:
a)      Tanpa membuka bahan ajar siswa dapat menjelaskan masalah-masalah pada motor dan spindle dengan mengerjakan soal LP 1: Produk sesuai dengan kunci jawaban.
b)      Tanpa membuka bahan ajar siswa dapat menjelaskan sistem servo dan teknik adjustment dengan mengerjakan soal LP 1: Produk sesuai dengan kunci jawaban.
c)      Tanpa membuka bahan ajar siswa dapat menjelaskan masalah pada rangkaian digital dan analog dengan mengerjakan soal LP 1: Produk sesuai dengan kunci jawaban.
2.    Proses:
a)      Diberikan alat, bahan, dan LKS SMK Memperbaiki CD Player siswa dapat mengidentifikasi sambungan sambungan pada optical module sesuai dengan Kunci LKS SMK Memperbaiki CD Player.
b.        Psikomotor:
1.      Diberikan alat, bahan dan LKS SMK Memperbaiki CD Player siswa dapat memeriksa motor dan spindle motor sesuai dengan rincian tugas kinerja yang ditentukan.
2.    Diberikan alat dan bahan siswa dapat melakukan adjustment daya dari laser diode sesuai dengan rincian tugas kinerja yang ditentukan.
c.         Afektif:
1.    Karakter: terlibat dalam proses belajar mengajar berpusat pada siswa, paling tidak siswa dinilai membuat kemajuan dalam menunjukkan karakter jujur, peduli, tanggungjawab, terbuka, mengerjakan tugas yang diberikan guru
2.    Keterampilan sosial: terlibat dalam proses belajar mengajar berpusat pada siswa, paling tidak siswa dinilai membuat kemajuan dalam menunjukkan keterampilan sosial bertanya, berkomunikasi, menjadi pendengar yang baik, menyumbang ide, argumen atau pendapat.
V.  Model dan Metode Pembelajaran
      Model Pembelajaran     : Model Pembelajaran Aktif
      Metode Pembelajaran   : Active Debate
VI. Alat Dan Bahan: 
CD Player, Pelumas, Pinset, Obeng, multimeter, osiloskop dan kain lembut.



VII. Proses Belajar Mengajar
A.    Pendahuluan
Kegiatan
Terlaksana/tidak
1.    Meminta perwakilan siswa untuk memimpin doa, dan mengisi daftar hadir siswa.
2.    Memotivasi siswa dengan cara membandingkan keping CD yang kotor dengan CD yang bersih lalu play dengan CD Player.
3.    Mengkomunikasikan tujuan pembelajaran produk, proses, psikomotor, dan keterampilan sosial dan karakter.



B.     Inti (± 300 menit)
Kegiatan
Terlaksana/tidak
Penggalan 1  (± 120 menit)
1.      Menyajikan informasi kepada siswa tentang materi pelajaran yang diajarkan yaitu:
a.     Masalah pada motor dan spindle.
b.     Sistem servo dan adjustment.
c.     Masalah pada rangkaian digital dan analog.
d.    Mengidentifikasi sambungan-sambungan pada optical module.
Dengan membagikan modul memperbaiki CD Player.
(± 10 menit)
2.      Guru mengembangkan sebuah pernyataan yang terkait dengan persoalan kontroversial yang berhubungan dengan topik pembelajaran. Antara lain:
a.     Menjelaskan pelumasan pada motor bearing.
b.     Tidak fokusnya dalam tracking atau noise, memungkinkan disebabkan oleh masalah pada motor. Menjelaskan pernyataan tersebut.
c.     Masalah skipping biasanya diperlukan adjustment. Melaskan adjustment yang bagaimana yang dibutuhkan untuk masalah skipping.
d.    Dalam adjustment daya laser dioda, kemungkinan akan merusak laser dioda sangat tinggi. Menjelaskan pernyataan tersebut.
(± 20 menit)
4.         Mengorganisasikan siswa kedalam kelompok-kelompok, satu kelas dibagi menjadi 2 kelompok besar yaitu kelompok pro dan kontra dengan mengurutkan nomor absen siswa. Lalu dibentuk lagi 2-3 sub kelompok dan menunjuk juru bicara pada masing-masing sub kelompok baik dalam kelompok pro maupun kelompok kontra dan menjelaskan cara diskusi. Format duduk siswa seperti gambar berikut:

 (± 20 menit)
5.      Memberikan waktu para kelompok untuk debate dengan mengacu pada butir-butir pernyataan yang dijelaskan oleh guru tadi.  Setiap sub kelompok diwajibkan minimal mengemukakan satu argumen dan satu pertanyaan untuk didebatkan. Dan setiap sub kelompok juga diwajibkan mencatat minimal satu argumen da pertanyaan yang digunakan untuk debate. (± 40 menit)
6.      Mengorganisasikan siswa (juru bicara) untuk kembali ke tempat duduk kelompoknya masing-masing. Refleksi dengan mengidentifikasi argumen-argumen yang dianggap tepat/baik untuk masing-masing sub kelompok. Guru memberikan respon/tanggapan. (± 30 menit)
Penggalan 2 (± 180 menit)
1.         Membagikan LKS SMK: Memperbaiki CD Player pada tiap kelompok, lalu diberikan waktu untuk tiap kelompok mengerjakan tugas kinerja atau praktikum yang telah ditentukan ditentukan di LKS. (± 5 menit)
2.         Senantiasa mengamati saat praktikum tiap kelompok dan menjadi fasilitator saat siswa kesulitan saat praktikum. Jika sudah LSK dikumpulkan kembali, lalu membereskan semua alat dan bahan yang digunakan praktikum. (± 160 menit)
3.         Membahas tentang praktikum yang telah dilaksanakan dan memberikan penghargaan dengan memberikan applause kepada kelompok yang dianggap kelompok terbaik. (± 15 menit)

C.    Penutup (± 30 menit)
Kegiatan
Terlaksana/tidak
1.    Menjelaskan kesimpulan tentang materi yang dibahas.
(± 14 menit)
2.    Memberikan gambaran materi untuk pertemuan selanjutnya dan menginstruksikan siswa untuk mempelajarinya terlebih dahulu. (± 14 menit)
3.    Dengan melibatkan siswa menutup pelajaran dan meminta perwakilan seorang siswa untuk memimpin doa. (± 2 menit)

IX.   Sumber Pembelajaran
1.      LKS SMK: Menggambar Teknik Elektronika
2.      Kunci  LKS SMK: Menggambar Teknik Elektronika
3.      LP 1: Produk
4.      Kunci LP 1 Produk
5.      LP 2: Proses
6.      LP 3: Psikomotor
7.      LP 4: Pengamatan Perilaku Berkarakter
8.      LP 5: Pengamatan Keterampilan Sosial
9.      Tabel Spesifikasi Lembar Penilaian
10.  Silabus
Daftar Pustaka
Firdian, Agus A., dan Eka Yudianto. 2009. LKS FIS 02 Penyearah Setengah Gelombang. Surabaya : Pusat Sains dan Matematika Sekolah Universitas Negeri Surabaya.

Nur, Muhamad. Tanpa Tahun. Rincian Tugas Kinerja Ketrampilan Proses Sains Draf 2 Surabaya : Pusat Sains dan Matematika Sekolah Universitas Negeri Surabaya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar