LKS
SMK: Memperbaiki CD Player
Tujuan : Siswa dapat memeriksa motor dan spindle motor, mengidentifikasi
sambungan optical module, dan adjustment noise serta daya
laser dioda.
Materi pokok : memeriksa motor dan
spindle motor, mengidentifikasi sambungan
optical module, serta adjustment noise dan daya laser
dioda
Alat dan bahan : CD Player, Pelumas,
Pinset, Obeng, multimeter, osiloskop dan kain
lembut
Prosedur praktikum :
Berikan tanda ceklist setelah melakukan langkah kegiatan!
No
|
Langkah kegiatan
|
Ceklist
|
1
|
Memeriksa motor dan spindle motor.
1.
Periksa
motor apakah gulungan terbuka atau korsleting, jika iya ganti.
2.
Cek dengan
tegangan 5 volt kalau macet coba putar motor dengan tangan, apabila berputar
dengan normal, sebaiknya motor juga perlu diganti.
3.
Gunakan
multimeter, posisikan selektor pada ohm, periksa setiap terminal yang
menghubungkan motor dengan rangkaian, pembacaan harus tinggi yaitu lebih dari
1M ohm. Pembacaan yang rendah dapat mengakibatkan overheating, kehilangan
power, dan dapat merusak rangkaian driver.
4.
Gunakan
multimeter, posisikan selektor pada volt dc, disini motor berperan sebagai
generator, putar motor dengan pelan, apakah jarum penunjukan bergerak atau
tidak, dan ketika putaran berhenti jarum penunjukan akan stabil kembali.
|
.....
.....
.....
.....
|
2
|
Mengidentifikasi sambungan-sambungan pada optical
module
Perhatikan diagram sambungan optical picup berikut.
1.
Perhatikan
pada diagram photodiode chip, disitu ada konektor A, B, C, dan D. Cari
konektor tersebut karena pada konektor tersebut biasanya korsleting.
2.
Gunakan
multimeter, posisikan selektor pada ohm X1 untuk mengidentifikasi apakah
sambungan korsleting atau tidak.
|
.....
.....
|
Kunci LKS
SMK: Memperbaiki CD Player
Tujuan : Siswa dapat memeriksa motor dan spindle motor, mengidentifikasi
sambungan optical module, dan adjustment noise serta daya
laser dioda.
Materi pokok : memeriksa motor dan spindle motor, mengidentifikasi
sambungan
optical module, serta adjustment noise dan daya laser
dioda
Alat dan bahan : CD Player, Pelumas,
Pinset, Obeng, multimeter, osiloskop dan kain
lembut
Prosedur praktikum :
Berikan tanda ceklist setelah melakukan langkah kegiatan!
No
|
Langkah kegiatan
|
Ceklist
|
1
|
Memeriksa motor dan spindle motor.
1.
Periksa
motor apakah gulungan terbuka atau korsleting, jika iya ganti.
2.
Cek dengan
tegangan 5 volt kalau macet coba putar motor dengan tangan, apabila berputar
dengan normal, sebaiknya motor juga perlu diganti.
3.
Gunakan
multimeter, posisikan selektor pada ohm, periksa setiap terminal yang
menghubungkan motor dengan rangkaian, pembacaan harus tinggi yaitu lebih dari
1M ohm. Pembacaan yang rendah dapat mengakibatkan overheating, kehilangan
power, dan dapat merusak rangkaian driver.
4.
Gunakan
multimeter, posisikan selektor pada volt dc, disini motor berperan sebagai
generator, putar motor dengan pelan, apakah jarum penunjukan bergerak atau
tidak, dan ketika putaran berhenti jarum penunjukan akan stabil kembali.
|
√
√
√
√
|
2
|
Mengidentifikasi sambungan sambungan pada optical
module
Perhatikan diagram sambungan optical picup berikut.
1.
Perhatikan
pada diagram photodiode chip, disitu ada konektor A, B, C, dan D. Cari
konektor tersebut karena pada konektor tersebut biasanya korsleting.
2.
Gunakan
multimeter, posisikan selektor pada ohm X1 untuk mengidentifikasi apakah
sambungan korsleting atau tidak.
|
√
√
|
Tabel Spesifikasi
Lembar Penilaian
Indikator
|
LP dan
Butir Soal
|
Kunci
LP dan
Butir
Soal
|
Produk :
1.
Menjelaskan
masalah-masalah pada motor dan spindle.
2.
Menjelaskan
sistem servo dan teknik adjustment.
3.
Menjelaskan
masalah pada rangkaian digital dan analog.
|
LP 1 : Produk
Butir 1 dan 2
LP 1 : Produk
Butir 3 dan 4
LP 1 : Produk
Butir 5 dan 6
|
Kunci LP 1 : Produk
Butir 1 dan 2
Kunci LP 1 : Produk
Butir 3 dan 4
Kunci LP 1 : Produk
Butir 5 dan 6
|
Proses
:
1.
Memeriksa
motor dan spindle motor.
2.
Mengidentifikasi
sambungan sambungan pada optical module
|
LP 2 : Proses
RTK 1,2,3,4,5,6
|
Dipercayakan kepada judgement Penilai/Guru
|
Psikomotor:
1.
Melakukan
adjustment untuk mengurangi noise
2.
Melakukan
adjustment daya dari laser diode.
|
LP 3 : Psikomotor
RTK 1 dan 2
LP 3 :
Psikomotor
RTK 3,4, dan 5
|
Dipercayakan kepada
judgement Penilai/Guru
|
Karakter:
1.
Jujur,
peduli, tanggungjawab, terbuka, mengerjakan tugas yang diberikan guru.
|
LP 4 Karakter: RTK 1, 2, 3, 4, dan 5
|
Dipercayakan kepada judgement Penilai/Guru
|
Keterampilan sosial :
1.
Bertanya,
berkomunikasi, menjadi pendengar yang baik, menyumbang ide, argumen atau
pendapat
|
LP
5 Keterampilan Sosial: RTK 1, 2, 3, dan 4
|
Dipercayakan kepada judgement
Penilai/Guru
|
LP 1: Produk
Petunjuk:
Jawablah pertanyaan dibawah ini
dengan benar!
1.
Jelaskan
masalah-masalah yang umum terjadi pada motor!
Jawab:
________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
2.
Jelaskan masalah-masalah
yang diakibatkan oleh motor spindle!
Jawab:
________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
3.
Jelaskan sistem
servo pada CD Player!
Jawab:
________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
4.
Sebutkan pelabelan
adjustment pada CD Player!!
Jawab:
________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
5.
Sebutkan
masalah-masalah yang yang diakibatkan rangkaian digital!
Jawab:
________________________________________________________________________________________________________________________________________________
6.
Sebutkan bagian
pada rangkaian analog yang biasanya bermasalah!
Jawab:
________________________________________________________________________________________________________________________________________________
Kunci LP 1: Produk
Petunjuk:
Jawablah pertanyaan dibawah ini
dengan benar!
1.
Jelaskan
masalah-masalah yang umum terjadi pada motor dan spindle!
Jawab:
a.
Gulungan
tembaga terbuka atau korsleting
b.
Menumpuknya
kotoran atau partikel logam.
c.
Bantalan
kering atau aus
2.
Jelaskan
masalah-masalah yang diakibatkan oleh motor spindle!
Jawab:
a.
Fokus bekerja
tetapi disk tidak berputar
b.
Disk berputar
terlalu lambat
c.
Tegangan motor
lebih dari 5 V
d.
Bantalan
spindle runout.
3.
Jelaskan sistem
servo pada CD Player!
Jawab:
a.
Fokus –
menjaga atau mempertahankan jarak sekitar 1 mm atau lebih antara lensa objektif
dengan disk.
b.
Pelacakan halus
– yaitu pusat sinar laser yang ada di track, positioner voice coil dan optical
feedback di permukaan disk.
c.
Pelacakan
kasar – berupa hard casing, drive gear, motor linier, atau positioner rotary
4.
Sebutkan pelabelan
adjustment pada CD Player!
Jawab:
a.
Fokus - FG (Focus Gain), FO (Focus Offset)
b.
Pelacakan – TG (Tracking Gain), TO (Tracking Offset).
c.
Spindle PLL, PLL adj, Speed.
5.
Sebutkan
masalah-masalah yang yang diakibatkan rangkaian digital!
Jawab:
Suara kotor, terjadi kebisingan, dan distorsi.
6.
Sebutkan bagian pada
rangkaian analog yang biasanya bermasalah!
Jawab:
Bagian analog D/A dan filter analog.
LP 2: Proses
Asessment
ranah proses
Petunjuk!
Skor
perolehan diisi dengan mengacu pada skor rubrik asessment proses.
No
|
Rincian Tugas Kinerja
|
Skor maksimum
|
Skor perolehan
|
|
1
|
Memeriksa motor dan spindle motor.
|
60
|
|
|
2
|
Mengidentifikasi sambungan sambungan pada optical
module.
|
40
|
|
|
Skor Total
|
100
|
|
Skor rubrik
asessment proses
No
|
Rincian Tugas Kinerja
|
Deskriptor Skor
|
|
Kriteria
|
Skor
|
||
1
|
Memeriksa motor dan spindle motor.
|
Hanya memeriksa gulungan tembaga
|
10
|
Hanya memeriksa gulungan tembaga dan mengecek dengan
power supply
|
20
|
||
Hanya memeriksa gulungan tembaga, mengecek dengan power
supply, dan mengecek terminal.
|
40
|
||
Memeriksa gulungan tembaga, mengecek dengan power
supply, mengecek terminal serta mengecek motor yang berperan sebagai
generator.
|
60
|
||
2
|
Mengidentifikasi sambungan sambungan pada optical
module.
|
Hanya mengecek konektor A, B, C, dan D pada chip
photodiode.
|
20
|
Mengecek konektor A, B, C, dan D pada chip photodiode
serta mengecek menggunakan multimeter apakah sambungan korsleting atau tidak.
|
40
|
LP 3:
Psikomotor
Langkah kegiatan:
1.
Melakukan
adjustment untuk mengurangi noise.
2.
Melakukan
adjustment daya dari laser diode.
Asessment ranah psikomotor
Petunjuk!
Skor perolehan diisi dengan mengacu pada skor rubrik asessment psikomotor
No
|
Rincian Tugas Kinerja
|
Skor maksimum
|
Skor perolehan
|
1
|
Melakukan adjustment untuk mengurangi noise
|
50
|
|
2
|
Melakukan adjustment daya dari laser diode.
|
50
|
|
Skor Total
|
100
|
|
Skor rubrik
asessment psikomotor
No
|
Rincian Tugas Kinerja
|
Deskriptor Skor
|
|
Kriteria
|
Skor
|
||
1
|
Melakukan adjustment untuk mengurangi noise
|
Hanya mainkan disk/CD di trek yang terdengar paling buruk.
|
10
|
Hanya mainkan disk/CD di trek yang terdengar paling buruk dan menggunakan modus repeat,
untuk mengulang dalam memutar,
|
20
|
||
Memainkan disk/CD
di trek yang terdengar paling buruk lalu menggunakan modus repeat,
untuk mengulang dalam memutar, lalu gunakan dengan cara apapun agar player
dapat bekerja dengan baik.
|
50
|
||
2
|
Melakukan adjustment daya dari laser diode
|
Hanya membersihkan optik.
|
10
|
Hanya membersihkan optik dan menggunakan osiloskop
untuk mengukur amplitodo daya laser dioda.
|
30
|
||
Membersihkan optik, menggunakan osiloskop untuk
mengukur amplitodo daya laser dioda serta memutar kontrol daya laser untuk
mendapatkan daya yang diinginkan.
|
50
|
LP 4: Karakter
Petunjuk:
1.
Untuk setiap perilaku
berkarakter berikut ini, beri penilaian dengan
memberikan tanda ceklist pada kolom yang disediakan atas
perilaku berkarakter siswa.
2.
Pengisisan kolom
hasil pengamatan mengacu pada rubrik pengamatan perilaku berkarakter
No
|
Rincian
Tugas Kinerja
|
Hasil
pengamatan
|
|||
A
|
B
|
C
|
D
|
||
1
|
Jujur
|
|
|
|
|
2
|
Peduli
|
|
|
|
|
3
|
Tanggung jawab
|
|
|
|
|
4
|
Terbuka dan
mendengarkan pendapat teman
|
|
|
|
|
5
|
Mengerjakan tugas yang diberikan guru
|
|
|
|
|
Rubrik Pengamatan Perilaku Berkarakter
No
|
Rincian Tugas Kinerja
|
Rubrik
|
1
|
Jujur
|
A: Sangat jujur
B: Jujur
C: Cukup jujur
D: Kurang jujur
|
2
|
Peduli
|
A: Sangat peduli
B: Peduli
C: Cukup peduli
D: Kurang peduli
|
3
|
Tanggung
jawab
|
A: Sangat bertanggung jawab
B: Bertanggung jawab
C: Cukup bertanggung jawab
D: Kurang bertanggung jawab
|
4
|
Terbuka dan mendengarkan pendapat
teman
|
A: Sangat terbuka dan mendengarkan
pendapat teman
B: Terbuka
dan mendengarkan pendapat teman
C: Cukup terbuka dan
mendengarkan pendapat teman
D: Kurang terbuka dan
mendengarkan pendapat teman
|
5
|
Mengerjakan tugas
yang diberikan guru
|
A: Selalu mengerjakan tugas yang
diberikan guru dengan benar.
B: Selalu mengerjakan tugas yang
diberikan guru.
C: Kurang mengerjakan tugas yang
diberikan guru.
D: Tidak pernah mengerjakan tugas yang
diberikan guru.
|
LP 5:
Keterampilan Sosial
Petunjuk:
1.
Untuk setiap
keterampilan sosial berikut ini, beri penilaian dengan memberikan tanda ceklist pada kolom yang disediakan
atas keterampilan sosial siswa.
2.
Pengisisan kolom
hasil pengamatan mengacu pada rubrik pengamatan keterampilan sosial
No
|
Rincian
Tugas Kinerja
|
Hasil
pengamatan
|
|||
A
|
B
|
C
|
D
|
||
1
|
Bertanya
|
|
|
|
|
2
|
Berkomunikasi
|
|
|
|
|
3
|
Menjadi pendengar yang baik
|
|
|
|
|
4
|
Menyumbang ide, argumen atau pendapat
|
|
|
|
|
Rubrik Pengamatan Keterampilan Sosial
No
|
Rincian Tugas Kinerja yang diamati
|
Rubrik
|
1.
|
Bertanya
|
A: Selalu bertanya
B: Sering bertanya
C: Jarang bertanya
D: Tidak pernah bertanya
|
2.
|
Komunikasi
|
A: Selalu berkomunikasi
B: Sering komunikasi
C: Jarang berkomunikasi
D: Tidak pernah berkomunikasi
|
3.
|
Menjadi
pendengar yang baik
|
A: Sangat antusias mendengarkan
B: Antusias mendengarkan
C: Cukup antusias mendengarkan
D: Kurang antusias mendengarkan
|
4.
|
Menyumbang ide,
argumen atau pendapat
|
A: Sangat aktif dalam menyumbang ide,
argumen atau pendapat.
B: Aktif dalam menyumbang ide, argumen
atau pendapat.
C: Cukup dalam menyumbang ide, argumen
atau pendapat.
D: Kurang dalam menyumbang ide,
argumen atau pendapat.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar